(Kelas XI IPA 2) "Membuat Karya Seni Rupa Tiga Dimensi dengan Memodifikasi Objek"
Assalamu'alaikum wr.wb Anak-anak kelas XI Ipa 2
Materi hari ini adalah membaca dan memahami materi dibawah ini !!! bacalah dan pahamilah dengan seksama, jika ada yang tidak dipahami silahkan ditanyakan dengan wapri bapak ya...
"bagi yang belum menyelesaikan dan mengirimkan tugas minggu lalu silahkan kirimkan segera ya nak.... karna bagi yang belum mengirimkan tugas tidak ada nilai tugas 1 nya."
Jangan lupa tulis nama dan kelas di kolom komentar ya sebagai absensi kehadiran hari ini......
Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi Dengan Memodifikasi Objek
A. Pengertian Seni Rupa Tiga Dimensi
Seni rupa tiga dimensi adalah karya yang memiliki dimensi panjang, dimensi lebar dan dimensi tinggi. Misalnya, patung, relief, keramik, wayang golek yang bebas mengisi ruang, sehingga dapat diamati secara sempurna dari berbagai arah (berkeliling, 360°). Meskipun banyak juga karya-karya yang tidak memperhitungkan daya pandang demikian, misalnya patung-patung yang sifatnya frontal (hanya bagus dilihat dari arah depan) saja dalam Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi Dengan Memodifikasi Objek.
B. Fungsi Seni Rupa Tiga Dimensi
Karya seni rupa tiga dimensi pada umumnya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan karya-karya seni rupa murni (patung, relief, monumen) serta seni rupa terapan (desain dan kriya) seperti desain industri, desain interior, kriya rotan, kriya logam, kriya kayu dan lain sebagainya.
C. Memodifikasi Objek
Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi Dengan Memodifikasi Objek dengan memodifikasi objek berarti mencipta berdasarkan bentuk objek tertentu, baik yang sifatnya objek alamiah (ciptaan Tuhan) maupun yang sifatnya objek buatan (ciptaan manusia), baik objek makhluk hidup maupun objek benda mati. Seperti telah dikemukakan sebelumnya, di sini memodifikasi berarti (memindahkan, membalik, memiringkan, mengubah ukuran, memutar, menghapus, menggabung, memecah, mendistorsi, menyederhanakan) dan lain sebagainya.
Catat dan perhatikan dengan saksama bentuk figur. Kemudian, kita tanyakan apakah bentuknya figuratif? Semi figuratif atau nonfiguratif? Bagaimanakah perwujudan patung? Apakah vertikal atau horisontal? Lalu penggambaran sosok patung; Apakah berdiri, duduk, jongkok? Perhatikan bagaimana bentuk tangan menyatu dengan tubuh, karena pematung berkarya dengan menggunakan bahan baku kayu yang bentuknya memanjang, sehingga posisi tangan harus mengikuti bahan baku patung. Selanjutnya coba cermati kostum atau atribut yang dikenakan patung: Apakah hal-hal itu mengandung makna melambangkan sesuatu? Cobalah tafsirkan secara logis dan argumentatif. Jika demikian, apakah gagasan penciptaan patung? Untuk apa patung dibuat? Dan menggunakan teknik apa? Patung yang manakah yang paling artistik dan indah? Dan mengapa? Apakah patung-patung ini termasuk primitif, modern, atau posmodern?
D. Tugas Berkarya Tiga Dimensi
Berdasarkan hasil pengamatan yang kita lakukan kepada patung-patung itu, hanya sekedar model pembelajaran, kita bisa memilih objek patung, baik dari alam maupun objek seni seperti patung-patung warisan budaya bangsa Indonesia di tiap daerah di mana sekolah berada. Semua itu dapat dijadikan objek pembuatan patung dengan memodifikasi, baik gagasan, bentuk, bahan baku, maupun teknik artistik proses kreasinya dalam Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi Dengan Memodifikasi Objek.
Beberapa contoh sederhana karyaseni rupa tiga dimensi :
Jangan biasakan menunda pekerjaan (tugas)
kerjakanlah apa yang bisa dikerjakan hari ini
kerjakanlah apa yang bisa dikerjakan hari ini
Nama : DEWI RAHMAWATI
BalasHapusKelas : XI IPA 2
Nama: Jesy Disyah Putri
BalasHapusKelas: XI IPA 2
Nama: Resti Mardiana Putri
BalasHapusKelas: XI IPA 2
Wine Aprillia
BalasHapusXI Ipa 2
Nama: Novian Wibowo Pramono
BalasHapusKelas: XI IPA 2
Alvin honara
BalasHapusXI ipa 2
Shandy franata
BalasHapusXI IPA 2
Nama : Muhammad Dwi Maryan P
BalasHapusKelas : XI IPA 2
BalasHapusM.Raffi Rizky Afridho
11 IPA 2