(Kelas X IPA 1 & IPA 5) Contoh Kritik Seni Rupa
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sebelum mulai membaca dan memahami materi bapak hari ini, marilah sejenak kita mengucapkan بسم الله الرحمن الرحيم dan berdoa semoga kita semua sehat dan semangat untuk mengikuti proses pembelajaran disetiap harinya dan bapak ingatan juga untuk tidak lupa melaksanakan shalat wajib dan shalat duhanya, semoga kalian selalu istiqomah dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadahnya. Aamiin Ya Rabbal 'Alamin...
Materi SBDK Hari ini yaitu belajar memahami tentang Contoh Kritik Seni Rupa. Adapun tujuan dari pembelajaran ini adalah agar siswa mampu :
a. Mengidentiikasi jenis, tujuan dan manfaat kritik karya seni rupa;
b. Mengidentifikasi prosedur dan tata cara kritik karya seni rupa;
c. Mengidentifikasi dan mendeskripsikan jenis, fungsi, tema, dan nilai estetis karya seni rupa dalam kritik seni rupa;
d. Membandingkan jenis, fungsi, tema, dan nilai estetis karya seni rupa dalam kritik seni rupa;
e. Menunjukkan sikap tanggungjawab dalam proses menulis kritik karya seni rupa;
f. Membuat tulisan kritik karya seni rupa mengenai jenis, fungsi,simbol, dan nilai estetis karya seni rupa berdasarkan hasil pengamatan;
g. Mengkomunikasikan tulisan karya seni rupa.
Silahkan pahami materi Contoh Kritik Seni Rupa di bawah ini dengan seksama …..
Lukisan Istriku dan Kebun Kecilnya Karya A. Wibowo
A. Deskripsi
Lukisan berujudul Istriku dan Kebun Kecilnya berukuran 1 x 2 m. Lukisan ini terbagi atas latar depan, latar tengah, dan latar belakang. Latar depan ditunjukkan dengan seorang wanita, seekor hewan, dan beberapa bentuk pepohonan. Latar tengah ditunjukkan dengan dua wanta yang duduk di bangku dan di sebelahnya sebuah keranjang, meja antik yang ada bagian atasnya terdapat satu buah keranjang kecil, dan satu buah gelas. Latar belakang ditunjukkan dengan keberadaan tiga wanita.
Dengan demikian, dalam lukisan ini terdapat enam figur wanita dengan beberapa posisi yang sedang melakukan aktivitas. Lukisan ini didominasi dengan warna hijau, biru, dan kuning. Bentuk-bentuk yang tampak, antara lain pepohonan, salur-saluran daun, serta ranting yang berwarna biru, hijau, dan coklat.
B. Analisis Formal
Keberadaan garis dalam lukisan ini pada dasarnya berfungsi sebagai identitas bentuk sehingga bentuknya dapat dikenali. Garis sebagai identitas bentuk, sepertihalnya bentuk-bentuk yang tampak pada wanita, hewan, pohon, daun, bangku panjang, meja, keranjang kecil, gelas, pot bunga, dan sangkar burung.
Bangun (shape) pada lukisan ini terjadi karena dibatasi oleh sebuah garis, juga dibatasi oleh warna yang berbeda atau oleh gelap terang. Hal ini ditunjukkan seperti pada figur istri yang duduk pada bagian latar depan, latar tengah, dan latar belakang.
Adapun warna-warna, seperti hijau, kuning, biru, putih, coklat, hitam, dan sebagainya yang hadir dalam lukisan ini menunjukkan suatu tanda pada bentuk yang membedakan ciri bentuk atau benda satu dengan yang lainnya. Dalam pengorganisasian unsur-unsur seni yang ada, penempatannya menimbulkan kesan seimbang dan harmonis. Pengorganisasiannya menunjukkan keterpaduan secara utuh dan menyatu.
C. Interpretasi
Lukisan ini mengungkapkan suatu pengamatan dari pelukisa secara menyeluruh, artinya menghadirkan keadaan istrinya dengan beberapa aktivitas yang ada dalam kebun kecilnya. Secara keseluruhan lukisan ini menunjukkan nuansa warna sejuk, antara lain warna hijau kekuningan dan warna tanah atau kecokelatan. Penempatan objek istri yang tersebar ke segala bidang tetap seimbang dan harmonis. Tarikan garis yang kuat menampilkan karakter atau kemampuan pelukis dalam mengungkapkannya.
D. Evaluasi
Hasil analisis terlihat wanita sebagai objek utama dalam lukisannya. Pengorganisasian unsur seni seimbang, menyatu, dan harmonis. Adapun komparasi dengan lukisan yang lain (dua penari dan pengantin cucakrawa) memberikan dukungan kuat, baik dari segi teknik, wujud, dan isi. Bertitik tolak dari hasil sintesis dan hasil komparasi lukisan lainnya, lukisan berjudul Istriku dan Kebun Kecilnya menunjukkan makna inovasi ekspresi artistik yang tinggi. Hal ini didukung dengan kemampuan pelukis memadukan antara media, teknik, pengorganisasian struktur rupa dan isi.
Novela Tri Wulandari
BalasHapusX IPA 1
Shofiyyah nur Aziza
BalasHapusX IPA 1
nisrina amalia putri
BalasHapusX IPA 1
Sisilia ratu intana
BalasHapusX ipa 1
Zyea sabita salma
BalasHapusX IPA 1
Mutiara Khairunnisa
BalasHapusX IPA 1
Mareta Agnesa Riama
BalasHapusX IPA 1
citra rahmadani
BalasHapusX IPA 1
zahwa natasya hamzah
BalasHapusX IPA 1
Chitra Pinasvita Maharani
BalasHapusX IPA 1
Nova Aprilia
BalasHapusX IPA 1
chesta arya agil saputra
BalasHapusX IPA 1
Rafiq labib
BalasHapusX IPA 1
Davina Aurelia Syarif
BalasHapusX IPA 1
Luthfia rahmawati
BalasHapusX ipa 1
Sultan Aznam Hossen
BalasHapusX IPA 1
Regina chanda veronica
BalasHapusX ipa 1
firza ariandini
BalasHapusX IPA 1
Galih Egi Sandi
BalasHapusX IPA 1
Adila via bangsawan
BalasHapus10 IPA 1
Indi Ananda Nazwa
BalasHapusX IPA 1
aldi nazari
BalasHapusX ipa 1
Hervina sari
BalasHapusX IPA 1
Nadia Widi a
BalasHapusX Ipa 1
M. Dany Nurdin
BalasHapusX IPA 5
Andrea Wijaya
BalasHapusX IPA 5
Deva Rifal Adhari
BalasHapusX IPA 5
Alan saputra
BalasHapusX Ipa 5
Tristia Mei Rinanda
BalasHapusX IPA 5
Mutiara ajeng pratiwi
BalasHapusX ipa 5
M.Steven Aditya Maryono
BalasHapusX IPA 5
M.Steven Aditya Maryono
BalasHapusX IPA 5
Cahyani putri
BalasHapusX IPA 1
Faisa Ananta Widya
BalasHapusX Ipa 5
Ammar Zahirah A.I
BalasHapusX Ipa 5
R dia permatasari
BalasHapusX IPA 5
Alya Aida Salma
BalasHapusX IPA 5
Azianisa Eka Al Yhasa
BalasHapusX IPA 5
Natasyah Amanda Novi Syahfitri
BalasHapusX IPA 5
Miqdam Nabil
BalasHapusKelas 10 IPA 5
Zidan Habib Hasanudin
BalasHapusX IPA 5
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusDhita Octarina
BalasHapusX IPA 5
Benardy Fatih Wicaksono
BalasHapusX IPA 5
Daffa alpattah dhenata
BalasHapusX IPA 5
Nensi ervila putri
BalasHapusx ipa 5
Rafa Muhammad Rayhan
BalasHapusX IPA 5
Anita putri
BalasHapusX IPA 5
Fitra Irawan X IPA 5
BalasHapusRidho Bagas Prayoga
BalasHapusX IPA 5
Nuzula Ratu Lediana
BalasHapusX IPA 5