(Kelas X IPS 3) ALAT MUSIK TRADISIONAL

 

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sebelum mulai membaca dan memahami materi bapak hari ini, marilah sejenak kita mengucapkan بسم الله الرحمن الرحيم dan berdoa semoga kita semua sehat dan semangat untuk mengikuti proses pembelajaran disetiap harinya dan bapak ingatan juga untuk tidak lupa melaksanakan shalat wajib dan shalat duhanya, semoga kalian selalu istiqomah dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadahnya. Aamiin Ya Rabbal 'Alamin...

Materi SBDK Hari ini yaitu belajar memahami tentang Alat Musik Tradisional.  Adapun tujuan dari pembelajaran ini adalah agar siswa mampu Memahami dan membedakan alat musik tradional dengan musik modern.


ALAT MUSIK TRADISIONAL


Pengertian Musik Tradisional

Musik tradisional secara umum dimengerti sebagai seni budaya yang sejak lama turun temurun telah hidup dan berkembang di daerah tertentu (Tumbijo dalam tim Kemdikbud, 2017).  Musik ini tersebar hampir di seluruh pelosok negeri dan setiap daerahnya mempunyai ciri khas yang berbeda.

Sementara itu, Purnomo (2010) menyatakan bahwa seni musik tradisional adalah musik yang lahir, tumbuh dan berkembang di seluruh wilayah kepulauan (Indonesia) dan merupakan kebiasaan turun-temurun yang masih di jalankan dan di pelihara oleh masyarakatnya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa musik tradisional adalah musik yang lahir dan berkembang di daerah atau wilayah tertentu dan dilakukan serta dilestarikan secara turun-temurun oleh masyarakatnya. Adapun ciri-cirinya akan disampaikan pada pemaparan di bawah ini.

Seni Musik Tradisional

Musik tradisional merupakan salah satu jenis musik yang lahir dan berkembang di tempat musik itu berasal. Yang artinya, musik tradisional merupakan musik yang muncul dan dikembangkan di suatu tempat dan menjadi salah satu ciri khas dari tempat tersebut.

Musik tradisional merupakan musik yang sifatnya sederhana karena terbentuk dari budaya tempatnya dan mencerminkan kebudayaan yang dianut oleh masyarakat yang menempati tempat tersebut.

Seni Musik Modern

Dari namanya saja, kamu pasti sudah bisa menebak bahwa musik modern merupakan musik yang muncul dan berkembang di kalangan masyarakat modern. Musik modern merupakan musik yang muncul setelah zaman klasik. Musik modern memiliki kecenderungan lebih luwes dan fleksibel serta melibatkan banyak sekali instrumen yang sangat beragam.

Umumya, musik modern dibentuk dengan menggukan tangga tujuh nada yang kita sebut dengan tangga nada diatonis. Musik modern memiliki dokumen yang terang, sehigga nama penciptanya dapat kita ketahui dengan mudah.

Perbedaan Musik Tradisional dan Musik Modern

Sebenarnya, musik tradisional dan musik modern memiliki beberapa kesamaan seperti sama-sama merupakan hasil ungkapan atau ekspresi seseorang akan suara dan keindahan. Selain itu, musik tradisional dan modern juga sama-sama berfungsi sebagai sarana ekspresi, edukasi, hiburan dan berbagai macam fungsi lainnya.

Walau pun demikian, karena berkembang melalui proses pembuatan dan waktu yang berbeda, maka tidak heran jika keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Berikut ini beberapa hal yang membedakan musik tradisional dengan musik modern yang perlu kita ketahui sebagai seorang yang menyukai dua jenis musik tersebut.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

(KELAS X) Prinsip Dasar Karya Seni Rupa Dua Dimensi

(Kelas X IPS 1 & IPA 2) Contoh Kritik Seni Rupa