(Kelas XI IPA 1 & XI IPA 4) SENI RUPA DUA DIMENSI
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sebelum mulai membaca dan memahami materi bapak hari ini, marilah sejenak kita mengucapkan بسم الله الرحمن الرحيم dan berdoa semoga kita semua sehat dan semangat untuk mengikuti proses pembelajaran disetiap harinya dan bapak ingatkan juga untuk tidak lupa melaksanakan shalat wajib dan shalat duhanya, semoga kalian selalu istiqomah dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadahnya. Aamiin Ya Rabbal 'Alamin...
Untuk persiapan PAS Semester Ganjil 2020 Materi SBDK Hari ini adalah Mengulang materi tentang Seni Rupa Dua Dimensi dengan judul Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi dengan Memodifikasi Objek.
A. Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi
Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi adalah karya yang memiliki dimensi panjang dan dimensi lebar. Keluasan bidang datar dari panjang dan lebar itu oleh perupa digunakan untuk membuat lukisan, gambar, desain dan karya-karya grafis yang hanya dapat diamati secara sempurna dari arah depan. Sedangkan untuk memberi kesan jauh dekat, besar kecil, atau panjang pendek, dibuat dengan pertimbangan perspektif.
B. Tujuan Penciptaan
Penciptaan desain batik, Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi , sebagai aktivitas perancangan reka bentuk, letak, warna, dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan benda tekstil yang indah dan fungsional.
C. Proses Kreatif
Untuk itu, kita sebagai pendesain perlu mengikuti tahapan proses kreatif sebagai berikut.
1. Tahap persiapan
Sekarang, mari kita membaca teks tentang awan dan desain batik dari berbagai sumber belajar, dan mengamati bentuk awan . Misalnya, kita amati gambar awan mendung. dengan secermat mungkin. Perhatikan wujud awan, baik bentuk, warna, maupun kombinasinya. Bandingkan dengan motif batik Mega Mendung. Amati dan pahamilah bahwa perubahan wujud itu adalah kerja memodifikasi fenomena alam menjadi desain batik yang indah.
Sekarang kita coba membuat sketsa pola bentuk sebagaimana aslinya. Kemudian, tanyakan apakah ide dasar bentuk desain ini? Menggunakan bahan dan peralatan apa? Bagaimanakah teknik penggambaran bentuk atau teknik pewarnaannya? Atas dasar itu, kembangkan imajinasi kita untuk menafsirkan apa gerangan makna batik ini? Selanjutnya, kita coba bereksperimen mereka-reka motif batik baru dengan jalan memodifikasi (memindahkan, membalik, memiringkan, mengubah ukuran, memutar, menghapus, menggabung, memecah, mendistorsi) motif tersebut dengan tujuan untuk menghasilkan desain yang lebih artistik, estetis dan fungsional. Jadi hendaknya jangan sampai desain batik yang kita buat lebih jelek dari pada desain motif aslinya. Lebih artistik berarti lebih menonjolkan kadar seninya. Lebih estetis artinya lebih indah dari motif yang telah ada. Sedangkan lebih fungsional berarti motif atau corak dalam pemanfaatannya di tengah masyarakat lebih terkonsep. Motif itu diciptakan untuk pakaian formal, pakaian santai, pakaian malam dan lain sebagainya.
2. Tahap Elaborasi
Tahap Elaborasi adalah tahap ketika kita menghadapi situasi yang sulit, yaitu mengomunikasikan dan mentransformasikan pengalaman yang implisit ke dalam bentuk yang eksplisit. Dengan demikian, diperlukan keterampilan ekstra untuk memvisualisasikan unsur-unsur subjektif gagasan desain menjadi bentuk objektif karya desain yang diciptakan. Selanjutnya, berdasarkan sketsa awal (tahap persiapan) kita kembangkan dengan membuat sketsa-sketsa alternatif sebagai karya eksplorasi (minimal 3 karya sketsa).
3. Tahap Iluminasi
Tahap Iluminasi adalah tahap ketika kita menemukan inspirasi baru dari aktivitas kedua tahap sebelumnya. Ini adalah hasil perpaduan antara kekuatan intelektual, intuisi, dan kepekaan batin dalam mewujudkan desain batik baru dan inovatif. Proses kreasi memodifikasi ini datang bagaikan cahaya yang tiba-tiba (sering disebut ilham) yang memberikan pencerahan pemahaman atau pengertian atas desain batik yang diciptakan. Kemudian, pilihlah satu sketsa yang terbaik, kerjakan di atas kertas gambar menggunakan pensil (sketsa) dan cat air atau akrilik. Kamu juga dapat menggunakan bahan lain yang tersedia di lingkungan belajar atau lingkungan tempat tinggalmu.
4. Tahap Verifikasi
- Tahap Verifikasi yakni pengujian proses penjabaran ide desain menjadi karya desain secara terperinci. Kita bekerja berdasarkan rujukan-rujukan pendapat pakar, petikan-petikan teks dari para ahli yang kita baca, atau referensi motif batik yang kita kliping dan amati. Perhatikan desain batik hasil modifikasi. Semua aktivitas ini adalah pengalaman kreatif yang mengasyikkan dan mengesankan. Jelasnya: Kita menguji dan meninjau kembali apakah penciptaan desain dengan memodifikasi motif tertentu itu (atau motif lain yang kita pilih) sangat memuaskan, memuaskan, atau kurang memuaskan. Inilah kriteria yang menunjukkan apakah kita berhasil atau kurang berhasil sebagai pendesain yang handal dalam Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi .
Vanni Dwi Rianty
BalasHapusXI IPA 4
Najwa Salma Fathin
BalasHapusXI IPA 4
Jeni ayu amanda
BalasHapusXI IPA 4
Shinta Kurniawati
BalasHapusXI IPA 4
Ani Setia
BalasHapusXI IPA 4
Cindy Arviomitha
BalasHapusXI IPA 4
RISKI FASHA JUNIANSYAH PUTRA
BalasHapusXI IPA 4
Meilia ardana
BalasHapusXI IPA 4
Vivi juwita wati
BalasHapusXl IPA 4
SUCI TRI ARELIA
BalasHapusXI IPA 4
Falsyafah Naura
BalasHapusXI IPA 4
Haida komala putri 11 ipa 4
BalasHapusTri Septi Secaria
BalasHapusXI IPA 4
Dewi Nurhaliza
BalasHapusXI IPA 1
Ula Azizah fadiyah
BalasHapusXI IPA 1
Nadia Ika Sherly
BalasHapusXI ipa 1
Salwaa Fathimah Batubara
BalasHapusXI IPA 1
Endy Tupala
BalasHapusXI IPA 4
Andina putri
BalasHapusXI ipa 1
Cahya media kusuma
BalasHapusXI IPA 1
Indah Mutia Sari
BalasHapusXI IPA 1
Rahma Anisa
BalasHapusXI Ipa 1
ridho yeremia
BalasHapus11 IPA 1
Rosa rizki ramadani
BalasHapusXI ipa 1
Antika Agustiawati
BalasHapusXI IPA 1
Irene Nazwa Fadilla
BalasHapusXI IPA 4
Yunitri Utami
BalasHapusXI IPA 1
Ashila putri
BalasHapusXI ipa 1
Deo sepri prayoga
BalasHapusXI IPA 4
Fren Samudra
BalasHapusXI IPA 4
RANI NOVALIA
BalasHapusXI IPA 4
Auliya Suci
BalasHapusXI IPA 4
M. Raffi Evendi
BalasHapusXI IPA 1