(Kelas X IPS3& IPA 4) Contoh Kritik Seni Rupa
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Sebelum mulai membaca dan memahami materi bapak hari ini, marilah sejenak kita mengucapkan بسم الله الرحمن الرحيم dan berdoa semoga kita semua sehat dan semangat untuk mengikuti proses pembelajaran disetiap harinya dan bapak ingatan juga untuk tidak lupa melaksanakan shalat wajib dan shalat duhanya, semoga kalian selalu istiqomah dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadahnya. Aamiin Ya Rabbal 'Alamin...
Materi SBDK Hari ini yaitu belajar memahami tentang Contoh Kritik Seni Rupa. Adapun tujuan dari pembelajaran ini adalah agar siswa mampu :
a. Mengidentiikasi jenis, tujuan dan manfaat kritik karya seni rupa;
b. Mengidentifikasi prosedur dan tata cara kritik karya seni rupa;
c. Mengidentifikasi dan mendeskripsikan jenis, fungsi, tema, dan nilai estetis karya seni rupa dalam kritik seni rupa;
d. Membandingkan jenis, fungsi, tema, dan nilai estetis karya seni rupa dalam kritik seni rupa;
e. Menunjukkan sikap tanggungjawab dalam proses menulis kritik karya seni rupa;
f. Membuat tulisan kritik karya seni rupa mengenai jenis, fungsi,simbol, dan nilai estetis karya seni rupa berdasarkan hasil pengamatan;
g. Mengkomunikasikan tulisan karya seni rupa.
Silahkan pahami materi Contoh Kritik Seni Rupa di bawah ini dengan seksama …..
Lukisan Istriku dan Kebun Kecilnya
Karya A. Wibowo
A. Deskripsi
Lukisan berujudul Istriku dan Kebun Kecilnya berukuran
1 x 2 m. Lukisan ini terbagi atas latar depan, latar tengah, dan latar
belakang. Latar depan ditunjukkan dengan seorang wanita, seekor hewan, dan
beberapa bentuk pepohonan. Latar tengah ditunjukkan dengan dua wanta yang duduk
di bangku dan di sebelahnya sebuah keranjang, meja antik yang ada bagian
atasnya terdapat satu buah keranjang kecil, dan satu buah gelas. Latar belakang
ditunjukkan dengan keberadaan tiga wanita.
Dengan demikian, dalam lukisan ini terdapat enam figur wanita
dengan beberapa posisi yang sedang melakukan aktivitas. Lukisan ini didominasi
dengan warna hijau, biru, dan kuning. Bentuk-bentuk yang tampak, antara lain
pepohonan, salur-saluran daun, serta ranting yang berwarna biru, hijau, dan
coklat.
B. Analisis Formal
Keberadaan garis dalam lukisan ini pada dasarnya berfungsi
sebagai identitas bentuk sehingga bentuknya dapat dikenali. Garis sebagai
identitas bentuk, sepertihalnya bentuk-bentuk yang tampak pada wanita, hewan,
pohon, daun, bangku panjang, meja, keranjang kecil, gelas, pot bunga, dan
sangkar burung.
Bangun (shape) pada lukisan ini terjadi karena dibatasi
oleh sebuah garis, juga dibatasi oleh warna yang berbeda atau oleh gelap
terang. Hal ini ditunjukkan seperti pada figur istri yang duduk pada bagian
latar depan, latar tengah, dan latar belakang.
Adapun warna-warna, seperti hijau, kuning, biru, putih, coklat,
hitam, dan sebagainya yang hadir dalam lukisan ini menunjukkan suatu tanda pada
bentuk yang membedakan ciri bentuk atau benda satu dengan yang lainnya. Dalam
pengorganisasian unsur-unsur seni yang ada, penempatannya menimbulkan kesan
seimbang dan harmonis. Pengorganisasiannya menunjukkan keterpaduan secara utuh
dan menyatu.
C. Interpretasi
Lukisan ini mengungkapkan suatu pengamatan dari pelukisa secara
menyeluruh, artinya menghadirkan keadaan istrinya dengan beberapa aktivitas
yang ada dalam kebun kecilnya. Secara keseluruhan lukisan ini menunjukkan
nuansa warna sejuk, antara lain warna hijau kekuningan dan warna tanah atau
kecokelatan. Penempatan objek istri yang tersebar ke segala bidang tetap
seimbang dan harmonis. Tarikan garis yang kuat menampilkan karakter atau
kemampuan pelukis dalam mengungkapkannya.
D. Evaluasi
Hasil analisis terlihat wanita sebagai objek utama dalam
lukisannya. Pengorganisasian unsur seni seimbang, menyatu, dan harmonis. Adapun
komparasi dengan lukisan yang lain (dua penari dan pengantin cucakrawa)
memberikan dukungan kuat, baik dari segi teknik, wujud, dan isi. Bertitik tolak
dari hasil sintesis dan hasil komparasi lukisan lainnya, lukisan berjudul Istriku
dan Kebun Kecilnya menunjukkan makna inovasi ekspresi artistik yang
tinggi. Hal ini didukung dengan kemampuan pelukis memadukan antara media,
teknik, pengorganisasian struktur rupa dan isi.
Joko Prayogo
BalasHapusX IPA 4
Delta Atita
BalasHapusX IPa 4
Mutia Az Zahra
BalasHapusX IPS 3
Calista Manda Widyapalastri
BalasHapusX IPA 4
Sabrina Chantika Putri
BalasHapusX IPA 4
Adhitya septian nugroho
BalasHapusXipa4
Alifia zahrah bilqiis v
BalasHapusXipa4
Selvi Varadila
BalasHapusX IPS 3
Farhatul ummi
BalasHapusX IPS 3
Andini Rahma Kemala
BalasHapusX IPA 4
Intan Marlida
BalasHapusX IPS 3
Angken Kesuma Dewi
BalasHapusX Ipa 4
Tri Febrianto
BalasHapusX IPA 4
Dayyan Nasywa Salsabila
BalasHapusX IPS 3
ka, copas ya.... wkwk
BalasHapusBagong XI IPA 4
BalasHapus