Kelas XI IPA 2 "Menerapkan:Konsep,Teknik, dan Prosedur dalam Berkarya Tari Kreasi"

  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Sebelum mulai membaca dan memahami materi bapak hari ini, marilah sejenak kita mengucapkan بسم الله الرحمن الرحيم dan berdoa semoga kita semua sehat dan semangat untuk mengikuti proses pembelajaran disetiap harinya dan bapak ingatan juga untuk tidak lupa melaksanakan shalat wajib dan shalat duhanya, semoga kalian selalu istiqomah dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadah dan pembelajarannya. Aamiin Ya Rabbal 'Alamin...

Materi SBDK Hari ini adalah yaitu belajar memahami tentang Menerapkan : Konsep,Teknik dan Prosedur dalam Berkarya Tari KreasiAdapun tujuan dari pembelajaran ini adalah agar siswa mampu :

1.      Mendeskripsikan gerak tari berdasarkan konsep, teknik dan prosedur;

2.      Mengidentifikasi gerak tari berdasarkan konsep, teknik dan prosedur;

3.      Melakukan eksplorasi gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga

 Silahkan pahami materi Menerapkan : Konsep,Teknik dan Prosedur dalam Berkarya Tari Kreasi di bawah ini dengan seksama …..


Menerapkan:Konsep,Teknik, dan Prosedur 

dalam Berkarya Tari Kreasi



A. Konsep Karya Tari Kreasi

Karya tari adalah sebuah produk dari masyarakat sehingga dalam  tari akan tercermin budaya masyarakat penyangganya.Tari lahir dari peniruan atau imitatif dari kehidupan sehari-hari contohnya tari nelayan yang lahir dari masyarakat pelaut.Ada 2 sumber penciptaan berkarya tari yaitu: peniruan terhadap perilaku manusia dan peniruan perilaku binatang yang selanjutnya digayakan atau diperindah untuk keperluan tari.

 

Selain tari yang bersifat imitatif ada pula yang menggambarkan tokoh-tokoh cerita wayang seperti,Gatotkaca,Hanoman,Mahabarata,dll.Tari tercipta karena berbagai asal stimulus yang tercurahkan dalam bentuk tari dengan konsep :

1.) peniruan terhadap perilaku alam,manusia,dan binatang;

2.) perwujudan tokoh cerita;

3.) mengacu lagu atau guru lagu.

 

 B. Teknik Berkarya Tari Kreasi

 Ada beragam gerak tari tradisional.Indondesia memiliki keunikan tari yang berbeda-beda setiap daerahnya.Pemahaman dan pengalaman terhadap teknik gerak tari kreasi adalah dasar untuk mengeksplorasi macam teknik gerak yang dapat dirangkai menjadi sebuah tarian.Penguasaan teknik gerak dasar tari tertentu sekaligus menjadi tolak ukur mengenai nilai keindahannya.

Ada beberapa teknik gerak dalam tari yaitu:
1. Teknik gerak badan : mendag,hoyog,dll.
2. Teknik gerak kepala : pacak gulu
3. Teknik gerak tangan : ukel,ngrujii,ngrayung,dst.
4. Teknik gerak kaki : adeg-adeg,tanjak,jengkeng,dst.


C. Prosedur Merangkai Gerak Tari Kreasi

Langkah dan kaidah proses penciptaan tari oleh Hawkins(2003) dalam bukunya yang berjudul Creating through the Dance yaitu :

1.                  Eksplorasi,yaitu pengalaman melakukan penjajakan gerak untuk menghasilkan teknik gerak.Kita dapat berimajinasi dan melakukan penafsiran gerak terhadap apa yang telah dilihat dan didengar.

2.                  Improvisasi,yaitu pengalaman secara spontanitas mencoba atau mencari kemungkinan teknik gerak yang telah diperoleh pada waktu eksplorasi selanjutnya dikembangkan dari aspek tenaga,ruang,dan waktu sehingga menghasilkan teknik gerak yang sangat banyak.

3.                  Evaluasi,yaitu menilai dan menyeleksi teknik gerak yang telah dihasilkan pada tahap improvisasi dengan cara membuat teknik gerak yang tidak sesuai dan memilih teknik gerak yang sesuai dengan gagasannya.

4.                  Komposisi,yaitu tujuan akhir mencari gerak untuk selanjutnya membentuk tari dari gerak yang ditemukan.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

(KELAS X) Prinsip Dasar Karya Seni Rupa Dua Dimensi

(Kelas X IPS 1 & IPA 2) Contoh Kritik Seni Rupa