(Kelas XI IPA1) Apresiasi Tari Kreasi

   السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Sebelum mulai membaca dan memahami materi bapak hari ini, marilah sejenak kita mengucapkan بسم الله الرحمن الرحيم dan berdoa semoga kita semua sehat dan semangat untuk mengikuti proses pembelajaran disetiap harinya dan bapak ingatan juga untuk tidak lupa melaksanakan shalat wajib dan shalat duhanya, semoga kalian selalu istiqomah dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadahnya. Aamiin Ya Rabbal 'Alamin...

Materi SBDK Hari ini adalah yaitu melihat/ mengapresiasi dan memahami tari kreasiAdapun tujuan dari pembelajaran ini adalah agar siswa mampu :

1.      Mendeskripsikan gerak tari berdasarkan konsep, teknik dan prosedur;

2.      Mengidentifikasi gerak tari berdasarkan konsep, teknik dan prosedur;

3.      Melakukan eksplorasi gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga


 
Silahkan pahami materi melihat/ mengapresiasi dan memahami tari kreasi di  link di bawah ini dengan seksama …..

1. https://www.youtube.com/watch?v=EBnn1XmrJRU

2. https://www.youtube.com/watch?v=hna45pgEfhU

Setelah melihat atau mengapresiasi dua tarian di atas, silahkan tulis di DIKOLOM KOMENTAR apa yang bisa kalian jabarkan dan bagaimaiana tari kreasi tersebut jika dibandingkan dengan tari tradisional.



Komentar

  1. Alga Randy Pratama
    11 IPA 1
    Dalam video 1 dan 2 tersebut merupakan tari kreasi dimana gerakannya terdapat berbagai macam tingkatan seperti level tinggi yaitu gerakan tari nya melampaui tinggi badan terutama pada Video pertama, dan juga ada level menengah yaitu gerakan yang dilakukan sebanding dengan tinggi penari contoh nya pada video kedua yaitu pas gerakan tari Bali. Serta ada juga gerakan level rendah dimana gerakan tari lebih rendah dari posisi tinggi badan contoh pada video kedua yaitu pas tari saman.
    Mungkin jika dibandingkan dengan tari tradisional pertama dapat dilihat dari sifat kedaerahan nya dimana tari tradisional masih diiringi dengan musik tradisional dengan unsur budaya yang masih kuat, kedua dari segi tata busana tari kreasi lebih cenderung kepada pakaian adat yang modern sedangkan tari tradisional masih menggunakan pakaian adat yang masih sangat kental dengan unsur budaya masing masing daerah. Mungkin ini yang bisa saya sampaikan mohon maaf bila memang ada kesalahan tanpa sepengetahuan saya. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. M. Raffi Evendi
    XI IPA 1

    perbedaan tari kreasi dan tari tradisional.
    Tari kreasi merupakan tari yang dilakukan di waktu dan di tempat tertentu untuk mengekspresikan dan mengungkapkan ide - ide atau pikiran seseorang, serta dapat diartikan sebagai perpaduan antar gerak tari sebagai sarana hiburan. Sedangkan, tari tradisional merupakan tari yang berkembang disuatu daerah secara turun temurun, serta lebih bersifat kedaerahan. biasanya tarian daerah dipertujunkkan saat Ada acara adat

    BalasHapus
  3. Ula Azizah fadiyah
    XI IPA 1
    -Pada Vidio pertama merupakan tari tradisional yang lebih bersifat kedaerahan yang diiringi dengan musik tradisional dan menggunakan baju adat atau baju penari daerah.
    -pada Vidio kedua merupakan tari kreasi yang dikreativitas dari suatu kelompok maupun individu yang gerakannya berpaduan antara tari tradisional dan modern.

    BalasHapus
  4. Nina Rendika Maharan
    XI IPA 1

    » Di vidio pertama merupakan tari tradisional yang diiringi musik tradisional dan menggunakan pakaian adat daerah.
    » Di vidio kedua merupakan tari kreasi, perpaduan antara gerak tari tradisional dan modern, serta irama dan pakaian yang merupakan hasil modifikasi tari tradisional.

    BalasHapus
  5. Dewi Nurhaliza
    XI IPA 1
    pada vidio pertama merupakan tari tradisional yang tari tradisional diiringi dengan musik tradisional dan menggunakan pakaian/baju adat sesuai daerahnya masing masing. gerakan pada tari tradisional memiliki arti dan makna tertentu. tari tradisional biasanya bertumpu pada nilai nilai budaya yang ada pada suatu daerah tertentu.
    sedangkan pada vidio kedua merupakan tari kreasi arya atau kreativitas dari suatu kelompok maupun individu. gerakan tariannya, busana, irama, maupun tata rias tari kreasi merupakan hasil modifikasi tari tradisional. tari kreasi bisa diartikan sebagai perpaduan antar gerak tari, seperti perpaduan antara tari tradisional, modern, dll.

    BalasHapus
  6. HARIZKI RAMANOV
    XI IPA 1

    Tari kreasi merupakan tari yang dilakukan di waktu dan di tempat tertentu untuk mengekspresikan dan mengungkapkan ide - ide atau pikiran seseorang, serta dapat diartikan sebagai perpaduan antar gerak tari sebagai sarana hiburan. Sedangkan, tari tradisional merupakan tari yang berkembang disuatu daerah secara turun temurun, serta lebih bersifat kedaerahan.


    BalasHapus
  7. Feni fadila
    XI IPA 1

    *Pada vidio pertama merupakan tari tradisional yang diiringi musik tradisional dan menggunakan pakaian adat daerah.
    *Dan di vidio kedua merupakan tari kreasi, perpaduan antara gerak tari tradisional dan modern, serta irama dan pakaian yang merupakan hasil modifikasi tari tradisional.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

(KELAS X) Prinsip Dasar Karya Seni Rupa Dua Dimensi

(Kelas X IPS 1 & IPA 2) Contoh Kritik Seni Rupa